Sederhana, Batu Nisan Makam Muhammad Ali Hanya Akan Bertuliskan 'Ali'



Batu nisan pada makam Muhammad Ali tidak akan semeriah dan semegah gelar juara dunia yang disandangnya. Pada batu nisannya di kompleks pemakaman Cave Hill, hanya akan tertulis 'Ali'.

Seperti dilansir media lokal AS, northjersey.com, Jumat (10/6/2016), juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell, menyebut makam Ali akan menggunakan batu nisan sederhana yang sesuai dengan tradisi Islam. Menurut Gunnell, mendiang Ali yang memilih sendiri kompleks pemakaman itu sebagai peristirahatan terakhir, sekitar satu dekade lalu. 

Kerumunan orang menyambut mobil jenazah Muhammad Ali saat tiba di pemakaman Cave Hill (REUTERS/John Sommers II)

Kompleks pemakaman Cave Hill merupakan kompleks pemakaman tua dan bersejarah di Louisville, Kentucky, AS, yang dibangun awal abad ke-19. Kompleks pemakaman yang terdaftar dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional ini memiliki luas 120 hektare.

Beberapa tokoh terkenal dimakamkan di kompleks pemakaman ini, antara lain George Rogers Clark, pendiri kota Louisville yang wafat 200 tahun lalu, juga Colonel Sanders, pendiri restoran ayam waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) yang dimakamkan di situ tahun 1980 silam.

Kerumunan orang menyambut mobil jenazah Muhammad Ali (REUTERS/John Sommers II)

Dituturkan Gunnel, Ali selalu mengharapkan dirinya bisa dimakamkan di kota asalnya, Louisville, yang menjadi tempatnya belajar tinju dan juga tempatnya bertanding pertama kali. Ali telah membangun museum dan juga memiliki jalan dengan namanya di kota Louisville, yang merupakan kota dengan penduduk 600 ribu jiwa ini. Saat memilih Cave Hill sebagai makamnya, Ali berkeliling untuk memilih sendiri letak makamnya.

Saat ini, jenazah Ali telah tiba di kompleks pemakaman Cave Hill setelah sebelumnya berkeliling ke sejumlah lokasi bersejarah bagi dirinya di Louisville. Setibanya di Cave Hill, iring-iringan mobil jenazah Ali disambut lautan kelopak bunga yang sengaja disebar di pintu masuk kompleks pemakaman.

Mobil jenazah disambut lautan kelopak bunga di Cave Hill (REUTERS/John Sommers II)

Kerumunan warga dan penggemar memenuhi gerbang kompleks pemakaman, untuk menyambut iring-iringan mobil jenazah Ali. Prosesi pemakaman Ali yang digelar sesuai ajaran Islam, digelar secara tertutup, sehingga publik hanya bisa menunggu di bagian depan gerbang kompleks pemakaman Cave Hill.

Namun memorial mengenang Ali akan digelar untuk umum di arena olah raga KFC Yum! Center, pada Jumat (10/6) siang waktu AS. Sekitar 15 ribu tiket telah dibagikan secara gratis bagi mereka yang ingin hadir dalam memorial itu.

Kerumunan orang memenuhi pintu gerbang Cave Hill (REUTERS/John Sommers II)

Baca juga: Ini Penampakan Makam yang Disiapkan untuk Muhammad Ali


(nvc/dha)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

0 Response to " Sederhana, Batu Nisan Makam Muhammad Ali Hanya Akan Bertuliskan 'Ali'"

Posting Komentar