"Berkah" Pengungsi Suriah, Pertumbuhan Ekonomi Turki 2016 Masuk Tercepat di Uni Eropa dan OECD



ANKARA - Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Turki melonjak pada tingkat 4,8 persen pada kuartal pertama 2016 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015, Badan Pusat Statistik Turki (TurkStat) melaporkan pada Jumat (10/6/2016).

Angka tersebut melampaui perkiraan konsensus analis dari 4,4 persen.

Produk Domestik Bruto pada kuartal keempat 2015 naik menjadi 31,7 milyar lira Turki ($ 11 milyar), naik 4,8 persen dibandingkan dengan 30,1 miliar lira ($ 10,31 milyar) pada kuartal pertama 2015, kata TurkStat.

Kinerja pada kuartal pertama mendorong keseluruhan pertumbuhan PDB tahunan menjadi 4,8 persen, dengan PDB kumulatif mencapai 499.3 milyar lira Turki ($ 172 milyar) di harga saat ini, tambahnya.

Wakil Perdana Menteri Turki Mehmet Simsek, yang bertanggung jawab bidang ekonomi, mengatakan ekonomi Turki adalah salah satu ekonomi yang tumbuh paling cepat di antara negara-negara di Uni Eropa dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD), yang terdiri dari 34 ekonomi dunia .

"Keberhasilan ini dicapai meskipun dalam situasi ketegangan geopolitik di wilayah kami, juga masalah di mitra dagang kami dan tren lemah dalam ekonomi global," kata Simsek dalam sebuah pernyataan.

Analis KapitalFx, Enver Erkan, mengatakan pertumbuhan yang dilansir TurkStat sudah tinggi, berkat pertumbuhan produksi industri yang tinggi dalam tiga bulan pertama tahun ini.

"Ketika kita melihat rincian pertumbuhan, teramati bahwa PDB terutama didorong oleh belanja konsumsi dan pengeluaran pemerintah," kata Erkan.

"Menurut indikator terkemuka untuk kuartal kedua, terutama untuk data produksi industri bulan April, perlambatan terlihat di industri. Dalam hal ini, pengeluaran konsumsi dan ekspor bersih akan menentukan untuk outlook pertumbuhan PDB 2016 ini," tambahnya.

Analis Keuangan, Haluk Burumcekci, mengatakan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan berasal dari pengeluaran konsumsi domestik dan pemerintah.

"Kontribusi investasi swasta jatuh ke wilayah negatif lagi, dan permintaan eksternal menjadi masalah utama yang membatasi pertumbuhan. Tanda-tanda awal menunjukkan kinerja pertumbuhan kuartal kedua akan lebih lemah daripada pertumbuhan kuartal pertama. Risiko pada proyeksi pertumbuhan kami 3,2 persen untuk 2016 yang seimbang," kata Burumcekci.

Menteri Keuangan Turki Naci Agbal mengatakan kinerja pertumbuhan telah dicapai meskipun dalam kondisi volatilitas di pasar keuangan global, meningkatknya ketegangan geopolitik di wilayah tersebut dan masalah dalam perdagangan luar negeri.

"Selama periode ke depan, kami juga akan menerapkan pengaturan yang diperlukan di alam reformasi untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan ekonomi dan terutama untuk mendukung investasi," kata Agbal.

Permintaan domestik menyumbang 6,4 poin persentase pertumbuhan dan permintaan luar negeri neto memberikan kontribusi 1,5 titik negatif, Simsek menambahkan, berjanji reformasi struktural untuk mencapai pertumbuhan yang kuat, inklusif dan berkelanjutan.

Menurut perkiraan dari lembaga pemeringkat internasional Fitch pada 26 Mei, ekonomi Turki akan tetap berada pada jalur pertumbuhan lebih dari 3 persen, kedua ini dan tahun depan.

Badan ini memperkirakan bahwa ekonomi Turki akan berkembang pada tingkat 3,5 persen tahun ini dan 3,6 persen tahun depan.

Fitch mengatakan kenaikan 30 persen terbaru dalam upah minimum dan sejumlah besar pengungsi Suriah yang ditampung di negara Turki diharapkan untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri, salah satu pendorong utama pertumbuhan PDB. (Pengungsi Suriah yang ditampung Turki sekitar 3 juta. Subhanallah... itu bukan jadi beban, tapi malah berkah).

Pada bulan Januari 2016, pemerintah Turki menaikan upah minimum (UMR) bulanan bersih ke 1.300 lira (sekitar $ 450/Rp 6 juta) dari 1.000 lira Turki (sekitar $ 345) untuk sekitar lima juta penerima upah minimum di negara ini. (Perbandingan UMP DKI Jakarta 2016 = Rp 3,1 juta)

Sumber: Anadolu Agency

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

0 Response to " "Berkah" Pengungsi Suriah, Pertumbuhan Ekonomi Turki 2016 Masuk Tercepat di Uni Eropa dan OECD"

Posting Komentar