Membuat Format ico pada photoshop

Sewaktu mendesain aplikasi Tugas Akhir yg saya buat menggunakan Delphi, saya membutuhkan icon2 lucu untuk mempercantik form. Namun Delphi meminta file yg berekstensi .bmp, tetapi yg saya punya hanya berekstensi .ico. Bingung mau konvert pake apa, yg ada cuma Photoshop. Saya coba pake Photoshop eh koq ga bisa. Ternyata ga support. Jadi teringat teman saya, dia pernah bilang ada plug-in tambahannya. Ya terpaksa tanya om google deh.
Ternyata secara default Photoshop tidak mendukung file berekstensi “.ICO”. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan plug-in tambahan. Sebetulnya ini bukan plug-in yg harus diinstall, hanya tambahan file yg digunakan untuk mendukung file *.ico. Dengan plug-in ini, kita dapat leluasa melakukan export-import file berekstensi .ico
Ikuti langkah berikut :
1. Donlot terlebih dahulu plug-in disini
2. Buka file ICOFormat-1.6f9-win.zip, kemudian ekstrak file ICOFormat.8bi ke dalam folder File Formats. Lengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini
3. Setelah file ICOFormat.8bi masuk ke dalam folder File Format, kita langsung dapat menggunakannya.
4. Untuk mencobanya silahkan Buka Photoshop anda. Kemudian buka salah satu file yg berekstensi .ico .Jika berhasil maka file *.ico akan tampil di Photoshop anda dan siap untuk diolah.
5. Kita juga dapat membuat file berekstensi .ico. Coba buka file yg berekstensi selain .ico (kalau bisa yg berdimensi kecil, sesuai ukuran icon). kemudian lakukan Save As. Maka akan ada tambahan format baru yaitu ICO(Windows Icon) (*.ICO)

Semoga Bermanfaat dan Berguna.

0 Response to "Membuat Format ico pada photoshop"

Posting Komentar